Pengujian Variabel yang Mempengaruhi Minat Beli Secara Online

Main Article Content

Ristianawati Dwi Utami
Inon Listyorini
Lilis Endang Wijayanti

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan seseorang untuk melakukan pembelian secara online. 5 variabel independen yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Shopping Orientation, Product Interest, Product Type, Experience of Online Buying dan Web Site Trust. Online buying intention dipengaruhi orientasi belanja, karena orientasi belanja menunjukkan model yang digunakan konsumen untuk berbelanja. Konsumen yang menyukai window shopping tidak kan tertarik dengan online buying, sementera konsumen yang model belanja karena kebutuhan dan waktu belanja terbatas, tidak akan menyukai online buying. Konsumen diprediksi akan berbelanja secara online apabila konsumen tertarik dengan produk-produk yang dipajang di web, sehingga ketertarikan terhadap suatu produk akan mempengaruhi online buying intention. Tipe produk diprediksi mempengaruhi online buying intention, karena ada kemungkinan konsumen berniat membali secara online untuk tipe produk tertentu saja. Pengalaman berbelanja online dan kepercayaan terhadap penjual online juga diperdiksi mempengaruhi keinginan melakukan pembelian secara online. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di Yogyakarta, sebanyak 221 mahasiswa berpartisipasi sebagai responden. Data diolah dengan menggunakan PASW statistic 18. Hasil analisis data menunjukkan bahwa online buying intention dipengaruhi oleh shopping orientation dan product type. Sedangkan faktor Product Interest, Experience of Online Buying dan Web Site Trust tidak terbukti mempengaruhi online buying intention.


Kata Kunci: Online Buying Intention, Shopping Orientation,Product Interest, Product Type, Experience of Online Buying, Web Site Trust.

Article Details

Section
Articles