Hubungan Self Leadership, Self Efficacy dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto

Main Article Content

Dyah Sawitri
Nurmala Cahyandari
Umi Muawanah

Abstract

Untuk merespon tantangan globalisasi dan perubahan yang terjadi saat ini, pegawai Negeri sipil harus dapat belajar secara ekstensif untuk memenuhi permintaan operasi organisasi. Karyawan diminta tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme mereka, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menangani beberapa operasi organisasi lainnya. Selain itu karyawan juga diminta untuk meningkatkan kepercayaan diri akan keberhasilan dalam menjalankan operasional yang dibebankan kepada mereka. Permasalahan mengenai kinerja merupakan permasalahan yang akan selalu dihadapi oleh pihak manajemen , karena itu manajemen perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan tersebut akan membuat manajemen dapat mengambil berbagai kebijakan yang diperlukan, sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawannya agar sesuai dengan harapan manajemen. Dalam penelitian ini adapun sudut pandang penulis dalam melihat potensi kinejera pegawai dari sudut pandang internal masing-masing individu pegawai, melalu pendekatan self leadership, self efficeacy, dan kecerdasan intelektual.


 


Penelitian ini adalah penelitian explanatory research. jumlah  populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang berada di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto dengan jumlah 120 pegawai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik  random sammpling, dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga ditemukan responden sebesar 92 responden.


 


Dalam penelitian ini analisa dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS Ver 22. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) Self leadership, self efficacy, dan kecerdasan intelektual berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai ; 2) Self leadership berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai; 3) Self efficacy berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai ; 4) Kecerdasan intelektual berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai dan 5) Kecerdasan intelektual dominan mempengaruhi kinerja pegawai daripada variabel lainnya yaitu self efficacy dan self leadership.


 


Keywords :  Self Leadership, Self Efficacy, Kecerdasan Intelektual, dan Kinerja.

Article Details

Section
Articles