Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang)

Main Article Content

Suzy Widyasari Euis Soliha Sophiyanto Wuryan Lenny Dwi Damayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan pada koran Harian Suara Merdeka di Semarang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk, persepsi harga dan citra merek secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek dan kepuasan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan lainnya  menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap  loyalitas pelanggan. Sementara itu uji mediasi menunjukkan bahwa kepuasan memediasi  pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan juga memediasi pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan namun tidak memediasi pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan.


Kata Kunci:   Kualitas produk, Persepsi  harga, Citra merek, Kepuasan pelanggan  dan Loyalitas pelanggan.

Article Details

How to Cite
WIDYASARI, Suzy et al. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 117 - 132, oct. 2017. ISSN 2597-6230. Available at: <http://fmi.or.id/jmbi/index.php/jurnal/article/view/144>. Date accessed: 18 july 2018.
Section
Articles